Senin, 25 Maret 2019

REVIEW BUKU PR

Review Buku PR
Menurut buku Public Relations Writing(Kriyantono, 2008) yang ditulis di bab 1 halaman 6. Tujuan dari public relationsdalam realita praktik di perusahaan adalah menciptakan pemahaman publik, membangun citra korporat, membangun opini publik yang favourable serta membentuk goodwill dan kerja sama, Tujuan public relations dalam buku ini menurut saya sudah mencakup keseluruhan dari tujuan public relationsyang secara keseluruhan tujuannya adalah “untuk menciptakan citra baik perusahaan sehingga dapat menghasilkan kesetiaan publik terhadap produk yang ditawarkan oleh perusahaan” (Mulyana, 2007). Tetapi dari tujuan-tujuan yang telah di sebutkan pada buku Public Relations Writing, menurut saya ada tujuan yang kurang yang belum disebutkan di dalam buku ini yaitu salah satu tujuan yang disebutkan menurut Jefkins dalam bukunya yang berjudul Public Relations “Untuk memastikan bahwa para politisi benar-benar memahami kegiatan-kegiatan atau produk perusahaan yang positif, agar perusahaan yang bersangkutan terhindar dari peraturan, undang-undang, dan kebijakan pemerintah yang merugikan” (Jefkins, 2003, h. 54). Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa pentingnya pemahaman kegiatan-kegiatan dan produk positif perusahaan bertujuan untuk menghindari peraturan, undang-undang dan kebijakan pemerintah yang merugikan, karena hal tersebut bisa mempengaruhi citra pada perusahaan.Tujuan public relations dalam buku ini menurut saya sudah mencakup keseluruhan dari tujuan public relationsyang secara keseluruhan tujuannya adalah “untuk menciptakan citra baik perusahaan sehingga dapat menghasilkan kesetiaan publik terhadap produk yang ditawarkan oleh perusahaan” (Mulyana, 2007). Tetapi dari tujuan-tujuan yang telah di sebutkan pada buku Public Relations Writing, menurut saya ada tujuan yang kurang yang belum disebutkan di dalam buku ini yaitu salah satu tujuan yang disebutkan menurut Jefkins dalam bukunya yang berjudul Public Relations “Untuk memastikan bahwa para politisi benar-benar memahami kegiatan-kegiatan atau produk perusahaan yang positif, agar perusahaan yang bersangkutan terhindar dari peraturan, undang-undang, dan kebijakan pemerintah yang merugikan” (Jefkins, 2003, h. 54). Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa pentingnya pemahaman kegiatan-kegiatan dan produk positif perusahaan bertujuan untuk menghindari peraturan, undang-undang dan kebijakan pemerintah yang merugikan, karena hal tersebut bisa mempengaruhi citra pada perusahaan.Menutup tulisan ini, menurut saya tulisan karya Kriyantono ini pada bab 1 sudah mencakup banyak hal, dan banyak memberikan pengetahuan yang berhubungan dengan public relations seperti pengertian public relations, tujuan, fungsi, ruang lingkup pekerjaan, public relations tools, dan public relations profesional. Pada bab 1 buku ini juga banyak menampilkan gambar sebagai contoh-contoh yang membuat pembaca tidak terlalu bosan saat membaca buku public relations writing ini. Tetapi agar menambah pengetahuan pembaca, saya merekomendasikan pembaca untuk membaca dari literatur atau jurnal lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar